Heboh Sri Mulyani Cs Dikabarkan Siap Mundur, Istana Buka Suara!

 

Heboh Sri Mulyani Cs Dikabarkan Siap Mundur, Istana Buka Suara!

duniaberita30.blogspot.com Pihak istana menegaskan seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih solid. Hal ini menyusul adanya kabar beberapa menteri yang dinyatakan siap mundur dari posisinya.

"Seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju tetap kompak dan solid membantu Presiden untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat, Kamis (18/1/2024).
Namun ia enggan mengomentari mengenai isu yang dilempar ekonom senior INDEF Faisal Basri yang menyatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono siap mundur dari jabatannya. Menurutnya isu tersebut bisa dikonfirmasi pada pihak yang melontarkan isu.

"Terkait isu yg sengaja dilemparkan oleh beberapa pihak bahwa ada menteri yg siap mundur atau tidak nyaman dalam pemerintahan. Tanyakan saja ke pihak2 yg melontarkan isu tersebut," kata Ari.

Sebelumnya Faisal Basri pada program Closing Bell CNBC Indonesia, buka-bukaan mengenai pernyataannya soal sejumlah menteri yang berencana mundur dari Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo.

Selain Sri Mulyani yang akan mundur dari kursi menteri keuangan dan Basuki Hadimuljono sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Faisal mengatakan, daftar menteri yang akan mundur selanjutnya ialah yang merupakan teknokrat, bukan berasal dari partai.

"Pertama itu yang saya tekankan adalah para menteri yang tergolong teknokrat. Soalnya kalau dari partai agak susah ya," kata Faisal Kamis (18/1/2024).
Faisal menjelaskan, kabar keinginan para menteri yang merupakan teknokrat itu dianggap sebagai hal yang logis. Ini karena teknokrat merupakan orang yang memiliki nilai etik dan moral yang kuat, baik itu ekonomi seperti Sri Mulyani maupun nonekonom seperti Basuki.