RI Kerap Dikritik Suka Babat Hutan, Ini Faktanya

 

RI Kerap Dikritik Suka Babat Hutan, Ini Faktanya



duniaberita30.blogspot.com Konversi hutan untuk kepentingan pembangunan kerap dianggap sebagai salah satu penyebab deforestasi atau penggundulan hutan. Namun, di satu sisi pembangunan untuk kepentingan ekonomi tanpa merusak alam sulit dilakukan.

Indonesia pernah disorot tajam oleh dunia terkait isu deforestasi. Indonesia kehilangan sekitar 6 juta hectare hutan pada 2000-2012. Deforestasi memicu sejumlah program lingkungan seperti erosi, banjir, hilangnya habitat satwa liar, hingga perubahan iklim.

Namun, deforestasi di Indonesia terus berkurang.Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat penggundulan hutan (deforestasi) netto di Indonesia pada periode 2021-2022 sebanyak 104 ribu hektare (ha), turun 8,4% dibandingkan hasil pemantauan pada 2020-2021 sebanyak 113,5 ribu ha.

globalforestwatch.orgFoto: globalforestwatch.org

Sementara, deforestasi atau penggundulan hutan di Indonesia sepanjang tahun 2023 telah mengalami penurunan cukup tinggi mencapai 114 ribu hektare dibandingkan sebelumnya.

Diketahui, penurunan deforestasi atas upaya banyak hal, seperti pencegahan penggunaan hutan primer di dalam kawasan maupun di luar kawasan hutan tidak boleh lagi digunakan untuk izin baru. Kemudian, pengontrolan ketat dari perizinan-perizinan kehutanan.

Pemerintah Indonesia pun berjanji untuk mengurangi laju deforestasi dalam rangka mitigasi atau mengurangi risiko perubahan iklim. Hal ini tercatat dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC), yang kini dinamai Enhanced NDC dan sudah didaftarkan ke UNFCCC pada September 2022.

Dalam skenario kondisi normal (business as usual), selama periode 2021-2030 Indonesia diproyeksikan mengalami deforestasi seluas 820.000 hektare/tahun.

Namun, dalam Enhanced NDC terbaru, pemerintah menargetkan deforestasi periode 2021-2030 akan turun sekitar 56% menjadi 359.000 hektare/tahun dengan usaha sendiri. Jika ada bantuan internasional, pemerintah bahkan menargetkan laju deforestasi bisa turun 78% menjadi 175.000 hektare/tahun.

Selain janji Pemerintah dalam mengurangi laju deforestasi, Pemerintah juga akan komitmen untuk merehabilitasi lahan hutan yang rusak.

https://kas138.fyi/