Perhatikan, Ini Cara Dapat Duit dari Investor Startup

 

Perhatikan, Ini Cara Dapat Duit dari Investor Startup


duniaberita30.blogspot.com Pendiri startup perlu memerhatikan beberapa hal saat mendekati investor. Yakni memiliki landasan saat membuat sebuah perusahaan dan model bisnis.

Founding Partner Intudo Ventures, Patrick Yip mengaku tidak bisa menentukan kriteria utama untuk startup yang ingin minta pendanaan. Menurutnya memang hal tersebut seperti seni bukan sains yang sudah pasti.

"Itu susah sekali sih memang lebih ke seni daripada sains. Tapi dari sisi kita memang proses kita untuk jadian founder enggak cepat. Yang kita berusaha itu sebetulnya kamu built ini as a trend atau misalnya ada satu passion sektor-sektor ini," kata Patrick dalam Profit CNBC Indonesia, Kamis (18/1/2024).

Dia menekankan pula tidak ada yang pasti soal pendekatan tersebut. Karena hubungannya akan lebih personal ke tiap startup.

"Untuk kita sih lebih seni. Enggak ada yang fixed untuk applied ke semua perusahaan, lebih personal satu per satu," ungkapnya.

Sementara itu, dia mengatakan startup berbasis B2B akan jadi tren di masa depan. Saat ditanya sektor apa yang jadi tren, Patrick mengatakan tidak ada yang spesial.

Bisnis B2B, dia menjelaskan lebih banyak traksi di Indonesia. Perusahaan dengan model bisnis ini akan menyediakan solusi transformasi digital untuk startup di tanah air.

"Banyak portofolio Intudo banyak semacam solusi digital transformation, dari sisi kita lebih banyak yg B2B sementara B2C lebih jarang," jelasnya.

Dari sisi eksposur, Patrick mengatakan cukup besar di bidang fintech dan juga logistik. Keduanya memiliki market size yang cukup luas.

"Logistik besar target market size angka 20-25% dari GDP di logistik. Logistik luas skali. Ada perbedaan first mile, mid mile, dan last mile. Exposure kita di first mile dan mid mile tracking, warehouse, solusi bantu partner-partner di Indonesia aspek logistik bisa diupgrade," kata Patrick.