PLN Diminta Cari Ganti Waskita di Transmisi 500 KV Sumatera, Kenapa?

PLN Diminta Cari Ganti Waskita di Transmisi 500 KV Sumatera, Kenapa?

duniaberita30.blogspot.com  Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman P. Hutajulu berharap PT PLN (Persero) dapat mencari pengganti PT Waskita Karya dalam menggarap pembangunan proyek transmisi 500 kilovolt (kV) di Sumatera. Khususnya proyek paket 3 dengan panjang 277 km dari Muara Enim, Sumatera Selatan, hingga ke New Aur Duri, Jambi.

Sebelumnya, PLN sendiri diketahui telah memutus kontrak Waskita pada proyek transmisi paket 3. Hal tersebut menyusul kondisi Waskita yang ditengarai tengah mengalami kesulitan pendanaan dalam penyelesaian proyek tersebut.

"Ini sudah terminasi dan ditutup dan sudah ada ini dari penyelesaian PLN pembayarannya, kita lagi menunggu Jamdatun BPKP untuk kelanjutan ini. Kita berharap tahun ini bisa dilelang lagi oleh PLN supaya segera," kata Jisman dalam konferensi pers capaian kinerja sektor ketenagalistrikan tahun 2023, Kamis (18/1/2024).

Menurut Jisman, semula jaringan transmisi ini akan menyangga produksi listrik dari PLTU mulut tambang di Sumatera Selatan sebesar 2x600 MW. Oleh karena itu, saat ini pihaknya akan meningkatkan transmisi 275 kV untuk menyangga produksi listrik dari PLTU mulut tambang tersebut.

"Kita larikan dulu ke Selatan bukan ke Utara supaya bisa terselesaikan," ujar Jisman.

https://buddykas.site/