Jelas! Bukan Food Estate Prabowo, Anies Bakal Lakukan Ini Soal Pangan

 

Jelas! Bukan Food Estate Prabowo, Anies Bakal Lakukan Ini Soal Pangan


duniaberita30.blogspot.com Timnas pasangan Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan - Cawapres) Muhaimin Iskandar blak-blakan tidak akan melanjutkan program food estate dalam mengatasi masalah pangan di Indonesia.

"Di AMIN jelas kita pilihannya bukan food estate, karena kita mengembangkan lumbung pangan di berbagai daerah dengan berpusat di sentra existing," kata Wakil Deputi Petani & Nelayan Timnas AMIN, Syaiful Bahari dalam Your Money Your Vote, CNBC Indonesia, Kamis (18/1/2024).

Sebagaimana diketahui, proyek food estate dikenal sebagai proyek yang dijalankan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sekaligus lawan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Timnas Amin mengindikasikan bahwa langkah Prabowo dalam mengembangkan food estate di berbagai daerah justru tidak tepat. Sebaliknya, pengembangan pangan seharusnya dilakukan di daerah yang sudah jelas memiliki banyak penghuni.

"Tinggal mengintensifikasi, mengembangkan lebih jauh yang dibangun ekosistem pertanian dan industri pertanian, sehingga mendekatkan kepada konsumen, karena 60% penduduk di Jawa kalau membangun di luar Jawa yang jauh dalam jangka pendek itu tidak menyelesaikan masalah," kata Syaiful.

Ia menilai Indonesia seharusnya kembali berpegangan pada Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria. Dalam aturan itu, Syaiful menilai ada mandat yang jelas oleh pendiri republik bahwa itu menjadi dasar pembangunan pertanian demi kemakmuran.

"Ini tidak pernah kita jalankan setelah pergantian kekuasaan, akhirnya sekarang kita mau kembalikan lagi langkah di awal mandat pertama, faktanya terbukti karena tidak berjalannya reforma agraria sampe sekarang, masalah pertanian kita tidak pernah selesai," sebut Syaiful.

https://lahankasterbaik.quest/